Home LIPUTAN Triwulan IV Tahun 2020, Ekonomi Kaltim Alami Perbaikan

Triwulan IV Tahun 2020, Ekonomi Kaltim Alami Perbaikan

0
53
berita kaltim hari ini : Triwulan IV Tahun 2020, Ekonomi Kaltim Alami Perbaikan

NITIZEN.CO.ID, SAMARINDA – Kinerja ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) pada triwulan III 2020 mengalami perbaikan dibandingkan triwulan sebelumnya sejalan dengan perbaikan di level nasional dan Kalimantan.

Perbaikan kinerja ekonomi di triwulan III 2020 ini terjadi baik secara tahunan maupun triwulanan, didorong oleh perbaikan hampir seluruh lapangan usaha kecuali kinerja tahunan lapangan usaha konstruksi.

“Dari sisi pengeluaran, hampir seluruh komponennya mengalami perbaikan ekonomi baik secara tahunan maupun triwulanan, kecuali kinerja tahunan investasi,” jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim, Tutuk S.H Cahyono, 7 Desember 2020.

Pada triwulan IV 2020, Bank Indonesia mencatat ekonomi Kaltim diprakirakan akan terus melanjutkan momentum perbaikan seiring dengan membaiknya kinerja lapangan usaha utama serta didorong oleh menggeliatnya aktivitas masyarakat pada periode akhir tahun.

“Kinerja keuangan pemerintah daerah di Kaltim pada triwulan III 2020 mengalami penurunan yang bersumber dari rendahnya realisasi pendapatan dan belanja pemerintah Provinsi,” jelas Tutuk dalam rilisnya.

Di tingkat Pemerintah Provinsi, kinerja keuangan pada triwulan III 2020 juga menurun akibat penurunan pendapatan dan penyerapan anggaran belanja.

“Realisasi pendapatan 10 Kabupaten/Kota di wilayah Kaltim sampai dengan triwulan III 2020 juga mengalami penurunan pendapatan yang diikuti juga dengan belanjanya,” kata Tutuk.

Sementara itu, realisasi belanja APBN wilayah Kaltim sampai dengan triwulan III 2020 mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Untuk inflasi Kaltim triwulan III 2020 dilaporkan mencapai angka terendah dalam beberapa tahun terakhir dan terendah se Kalimantan.

“Rendahnya Inflasi Kaltim triwulan III 2020, terutama disebabkan oleh deflasi kelompok transportasi akibat pembatasan mobilitas masyarakat,” ujar Tutuk.

Kelompok pakaian dan alas kaki yang bukan menjadi kebutuhan primer, juga mengalami deflasi dan salah satu penyebab rendahnya inflasi Kaltim triwulan III 2020.

LIHAT JUGA  Forum Pemuda Bahari Indonesia Kaltim Luncurkan Aplikasi Ini Saat Dilantik

Tekanan inflasi Kaltim pada triwulan IV 2020 diprakirakan lebih tinggi dibandingkan triwulan ini terutama akibat tekanan permintaan musiman.