Beranda Daerah Berau Mengintip Surga Bahari Kalimantan di Pulau Derawan

Mengintip Surga Bahari Kalimantan di Pulau Derawan

Mengintip Surga Bahari Kalimantan di Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur

Berau, Nitizen.co.id – Pulau Derawan, dengan segala Keindahan dan kekayaan biota laut yang ada di kawasan ini menjadikan sebagai surganya para pencinta diving dan snorkeling.

Selain budaya, Kalimantan Timur juga terkenal dengan kekayaan hayati bawah lautnya, diantaranya destinasi wisata Pulau Derawan yang berada di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Karena keindahan ekosistem di laut yang masih terjaga keasliannya, tak mengherankan kalau pulau Derawan menjadi salah satu spot menyelam paling favorit yang ada di Indonesia dan ditetapkannya Kepulanan Derawan sebagai situs calon situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2005.

Kepulauan Derawan terdiri dari pulau-pulau indah yang memiliki keunikannya masing-masing. Pulau-pulaunya adalah Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Maratua, dan Pulau Sangalaki. Di kawasan kepulauan Derawan ini, ada begitu banyak hewan laut yang dilindungi dan termasuk dalam hewan langka. Seperti kima, ikan barakuda, lumba-lumba, paus, penyu sisik, penyu hijau, manta dan sejumlah hewan lainnya. Karena dikelilingi beberapa kepulauan, pasir di kepulauan Derawan terlihat berwarna putih bersih dan sangat halus.

Berita Terkait  5 Tips Hemat Travelling Untuk Kamu Yang Masih Mahasiswa!

Surganya Diving Kalimantan

Banyaknya spot diving dan snorkeling di kepulauan Derawan menjadikan tempat ini merupakan lokasi yang pas bagi Sobat Pesona pencinta laut. Beberapa hal menarik yang akan dijumpai oleh para penyelam antara lain adalah ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang begitu indah. Jika cuaca cerah, jarak pandang di bawah laut bisa mencapai sekitar 20 meter.

Karena air laut yang begitu jernih, kita bisa memandang keindahan biota bawah laut seperti ikan-ikan, bunga laut, dan terumbu karang dengan jelas meski dari atas permukaan air. Tak hanya sekedar melihat pemandangan bawah laut, di kawasan Pulau Derawan, Sobat Pesona juga bisa merasakan serunya menaiki banana boat bersama teman-teman.

Sementara itu, hal lain yang bisa dilakukan desa wisata Pulau Derawan ini antara lain berkeliling menjelajahi Pantai pulau Derawan yang begitu bersih. Setelah lelah melakukan aktivitas air, Sobat Pesona bisa sekedar duduk-duduk di pinggir jembatan sambil menikmati dan mengabadikan indahnya hamparan laut yang berwarna biru jernih dan panorama pantai saat matahari tenggelam.

Berita Terkait  Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Kaltim Buka Pusat Informasi Pariwisata di Bali

Konservasi Penyu

Derawan merupakan salah satu lokasi konservasi atau penakaran penyu hijau. Salah satu aktivitas malam yang bisa dilakukan di Pulau Derawan adalah melihat proses bertelurnya penyu-penyu hijau. Di sini, kita bisa menambah wawasan tentang penyu hijau dengan menyaksikan sendiri ketika anak penyu hijau (tukik) menetas setelah lewat dari 50 hari dari masa penanamannya. Bila datang di waktu yang tepat, kita juga dapat ikut melepas anak-anak penyu hijau dari bibir pantai ke laut.

Untuk tempat penginapan, Kepulauan Derawan memiliki berbagai jenis penginapan. Dari mulai hotel, resort, villa, juga home stay dan berbagai pilihan guess house yang dapat disewa. Mulai dari high class accomodation hinga low budget accomodation. Bahkan, jika Sobat Pesona mau, tersedia juga penginapan di tengah laut, dimana begitu kita keluar rumah, kita dapat langsung mencemplungkan diri ke laut untuk berenang atau menyelam. (sumber Pesona Indonesia)

Advertisement