Beranda Tech Gadgets Google Luncurkan Tiga Aplikasi Baru Digital Wellbeing Sebagai Solusi Mengatasi Kecanduan Ponsel

Google Luncurkan Tiga Aplikasi Baru Digital Wellbeing Sebagai Solusi Mengatasi Kecanduan Ponsel

kecanduan ponsel

Samarinda, Nitizen – Masalah kecanduan ponsel telah menjadi penyakit akut di era serba gadget sekarang ini. Pada tahun 2018 Google memperkenalkan fitur Digital Wellbeing, sebagai fitur eksperimental di Android Pie, yakni sarana bagi pengguna ponsel untuk mengendalikan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk perangkat Android mereka. Kini Google kembali meluncurkan inisiatif dengan merilis tiga aplikasi eksperimental yang dimaksudkan untuk mengingatkan secara halus pengguna ponsel jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel mereka. Ketiga aplikasi yang memiliki fungsi yang berbeda keunikannya. Apa saja ketiga aplikasi tersebut?

Google Digital Wellbeing

Envelope

kecanduan handphoneYang pertama adalah Envelope, di mana aplikasi ini bisa mengubah ponsel cerdas pengguna menjadi ponsel berfitur. Cara penggunaannya, pertama pengguna harus mencetak PDF yang disediakan lalu melipatnya menjadi amplop yang sebenarnya. Ada dua pilihan yang diberikan, yakni ponsel bisa menerima atau menjawab panggilan telepon saja, atau ponsel akan berubah menjadi kamera untuk mengambil foto dan merekam video tanpa layar.

Berita Terkait  Agiel Suwarno: Ada 300 Lebih usulan yang terakomodir pada Musrenbang kali ini. Pemkot dan Pemprov harus Bersinergi

Setelah memilih salah satu fungsi, masukkan ponsel ke dalam amplop yang telah dibuat, kemudian pengguna harus sabar untuk tidak mengeluarkannya. Sayangnya aplikasi ini saat ini hanya tersedia untuk Google Pixel 3a, di mana tombol pada kertas yang dicetak hanya sesuai dengan perangkat tersebut. Ini adalah solusi agar pengguna yang ingin mengurangi penggunaan ponsel serasa membeli ponsel berfitur atau casing khusus untuk mengurangi kecanduannya, dan aplikasi Envelope ini menawarkan solusi gratis.

Activity Bubbles

kecanduan ponsel

Aplikasi lainnya yakni Activity Bubbles berupa wallpaper yang menampilkan gelembung untuk menunjukkan berapa lama ponsel pengguna telah dibuka dan digunakan. Semakin lama pengguna memakai ponselnya, maka semakin besar gelembung yang akan tumbuh karena setiap pembukaan kunci menciptakan gelembung baru. Pemakaian ponsel berlebihan pada akhirnya akan membuat wallpaper pengguna tertutupi dengan gelembung.

Download Activity Bubbles di sini

Screen Stopwatch

kecanduan ponselAplikasi ketiga yakni Screen Stopwatch yang mirip dengan Activity Bubbles yang membuat pengguna mampu mengendalikan penggunaan ponselnya. Ponsel akan menunjukkan penghitung waktu yang naik setiap kali telepon digunakan. Saat ponsel terkunci, penghitung otomatis akan berhenti berubah menjadi penunjuk jam hasil penggunaan ponsel saat itu.

Berita Terkait  5 Aplikasi Goblok di Google Play Store, Kamu Install yang Mana?

Download Screen Stopwatch di sini

Ketiga aplikasi ini telah tersedia di Google Play Store untuk semua ponsel Android 8.0 Oreo ke atas. Sudah menjadi fakta umum bahwa terlalu lama menghabiskan waktu pada ponsel/smartphone tidak baik untuk kesehatan. Untuk membantu diri menghindari kecanduan ponsel, aplikasi dari Google ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Advertisement