Beranda News Daerah Jaringan Prostitusi Online Sudah Masuk Kukar

Jaringan Prostitusi Online Sudah Masuk Kukar

Kutai Kartanegara, Nitizen.co.id – Satuan Reskrim Polres Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, berhasil menangkap dua orang pelaku penjualan anak di bawah umur yang dipekerjakan sebagai PSK.

Kedua tersangka berinisial WS (32) dan RP (25). Tersangka ditangkap saat sedang melakukan transaksi di sebuah hotel di Kawasan Tenggarong, Kukar.

Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Andrias Susanto Nugroho, mengatakan, keduanya ditangkap di waktu dan tempat yang berbeda.

“Kedua tersangka adalah jaringan yang berbeda, saat satu jaringan tertangkap kemudian terungkap jaringan yang lain,” katanya (11/2/2020).

Jaringan Prostitusi Online Sudah Masuk Kukar

Dijelaskan Andrias, modus penjualan yang digunakan kedua tersangka adalah dengan sistem online melalui Mechat, Facebook dan Whatsapp. Pelaku memiliki akun Sosial Media bernama Mami Ledies dan My Ledies. Calon pembeli cukup meninggalkan pesan di akun medsos milik tersangka, dan berlanjut pembicaraan melalui whatsapp. Pelaku kemudian memberikan poto-poto korban beserta nomor urut dan harga. Ketika harga sudah disepakati, pelaku kemudian mengantarkan korban untuk bertemu si pemesan. Rata-rata korban yang dijajakkan masih berusia anak-anak dan masih sekolah.

Berita Terkait  Kemenku Suntik Dana 12 Triliun, Untuk BPJS Kesehatan

Jaringan Prostitusi Online Sudah Masuk Kukar“Modus pemesanan melalui akun mechat, kemudian pelaku mengirim poto-poto korban. Korban yang dijajakkan masih dibawah umur,” sebutnya.

Kedua tersangka dijerat dengan pasal perlindungan anak dan UU ITE, dengan ancaman hukuman sekurang-kurangnya 3 tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

Kepada wartawan, kedua pelaku mengaku hanya menjadi korban. Mereka bahkan tidak tahu jika korban yang dipasarkan adalah anak di bawah umur. “Kami ini cuma korban. Mereka yang minta dipasarkan, bahkan ada yang sudah jadi PSK lama. Kenapa kami yang ditangkap. Kami juga tidak tahu umur mereka masih anak-anak,” pungkasnya (Yn/nn)

Advertisement