Beranda Daerah Balikpapan 17 Juni Mulai PPDB Online di Balikpapan, Ada 4 Jalur

17 Juni Mulai PPDB Online di Balikpapan, Ada 4 Jalur

pendaftaran peserta didik baru ppdb balikpapan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan Muhaimin

Balikpapan, Nitizen.co.id – Bulan Juni 2020 sudah akan dimulai pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di Kota Balikpapan, khususnya untuk setingkat SD dan SMP yang merupakan kewenangan Pemerintah Kota.

“Kita kan pelaksanaannya mulai 17-22 Juni. Sistematikanya untuk SD dan SMP sama seperti tahun yang lalu kita pakai online,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) Kota Balikpapab Muhaimin.

Menurutnya, di Kota Balikpapan PPDB dengan sistem online penerapannya sudah memasuki tahun ke enam. Jika masih terjadi wabah covid-19, sehingga orangtua tidak harus ke sekolah. Cukup memantau lewat online.

“Harusnya begitu, tapi biasanya orangtua murid tidak sreg atau tidak nyaman kalau tidak ke sekolah untuk memastikan anaknya sudah terdaftar atau tidak,” ujarnya.

“Padahal dari dulu kan sudah online, nanti kalau kondisi pandemi covid-19 ini masih berlangsung kita harapkan orangtua tidak datang ke sekolah,”tandasnya.

Kata dia, untuk PPDB tahun ini masih tetap dengan sistem zona, dengan 4 jalur zonasi, yakni jalur afirmasi dengan kuota 15 persen, jalur prestasi 15-30 persen, jalur perpindahan 5 persen dan jalur zonasi 65 persen.

Berita Terkait  Cerita Wali Kota Balikpapan Kerap Berkelahi dengan Pasien Covid-19

“Untuk jalur prestasi kita ambil 16 persen. Sebenarnya konsep PPDB itu zonasi, tahun kemarin itu malah 80-90 persen. Sekarang itu karena afirrmasi sudah dikasih kuota berarti kan mengurangi jalur zonasi,” ujarnya.

“Kalau dulu kan yang ada cuma jalur zonasi dan perpindahan, sekarang ditambah jalur afirmasi. Dulu afirmasi itu berada dalam jalur zonasi tapi sekarang dipisahkan,”jelasnya.

Jalur afirmasi yakni yang diperuntukkan bagi peserta didik berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. Jalur afirmasi diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudaayaan Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB.

Advertisement