Home LIPUTAN Damkar Evakuasi Sarang Lebah dan Ular di Pemukiman Warga

Damkar Evakuasi Sarang Lebah dan Ular di Pemukiman Warga

0
30
Damkar Evakuasi Sarang Lebah dan Ular di Pemukiman Warga
Petugas damkar mengevakuasi sarang lebah. (istimewa/damkar)

NITIZEN.CO.ID, SAMARINDA – Keberadaan sarang lebah madu di sekitar permukiman cukup mengkhawatirkan warga. Warga pun melaporkan sarang lebah madu yang bertengger di atas pohon Ketapang di kawasan Jalan Jakarta Gang Taman Mini, tepatnya di area kelompok belajar Quantum Fikriyah, Kelurahan Loa Bakung, Sungai Kunjang.

Posko 10 Damkar Samarinda menindaklanjuti laporan tersebut pada Jumat 26 Maret 2021.

“Sekitar pukul 16.00 WITA kami menerima informasi dari warga. Anggota kami bantu tim animal rescue langsung meluncur ke lokasi dan melakukan evakuasi,” ujar Wakil Komandan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) kota Samarinda Sunardi Siman saat dikonfirmasi headlinekaltim.co.

Selanjutnya, kata Sunardi Siman, sarang lebah madu yang berhasil dievakuasi dimasukkan dalam kantong plastik khusus dan dibawa ke posko Damkar, sebelum akhirnya dilepaskan ke lokasi yang jauh dari permukiman.

Menurutnya, lebah jenis madu ini memiliki kebiasaan berpindah-pindah tempat terlebih jika di musim penghujan.

“Biasanya kalau musim hujan, lebah ini berpindah-pindah cari tempat. Kalau di pemukiman warga, lebah jenis ini hanya singgah sementara, paling lama 1 minggu lalu pindah lagi, cari tempat yang lebih aman,” terang Didi sapaan akrabnya.

Selain keberadaan lebah madu, Didi juga mengingatkan masyarakat akan ancaman binatang berbisa seperti ular. Binatang ini kerap memasuki pemukiman warga belakangan ini.

“Yang perlu diwaspadai juga adalah ular. Karena tempat habitatnya sekarang banyak yang terusik oleh manusia sehingga mereka mencari makan ke perkampungan,” pesannya.

Penulis : Ningsih
Editor: MH Amal

LIHAT JUGA  Aktivis Kaltim Protes Dihapusnya Limbah Batu Bara dari Kategori Berbahaya