Home LIPUTAN Bangkitnya Wisata Pesisir Kukar Saat Pandemi Covid-19

Bangkitnya Wisata Pesisir Kukar Saat Pandemi Covid-19

0
53
berita kukar hari ini : Bangkitnya Wisata Pesisir Kukar Saat Pandemi Covid-19

NITIZEN.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Meski terjadi pandemi Covid-19, tak menyurutkan masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara menggali potensi wisata di desanya.

Diantaranya, pantai Panrita Lopi di Kecamatan Muara Badak. Pantai ini semula daerah yang tak dilirik untuk dikunjungi. Namun, penambahan fasilitas listrik, air dan tempat berteduh dibangun perlahan tapi pasti memunculkan objek wisata andalan yang baru.

“Kunjungan ke pantai alami peningkatan, lebih tinggi sebelum terjadi penyebaran virus corona. Dan pantai menjadi lokasi wisata paling diminati,” ujar Ahmad, pengelola pantai Panrita Lopi, 25 November 2020.

Ahmad mengatakan saat pertama kali pembatasan sosial berlangsung selama tiga bulan berakhir, terjadi kunjungan wisatawan yang signifikan sampai lebih sampai 80 persen.

Mulanya kunjungan dari hari raya sampai tahun baru kunjungan ke pantai sampai 2 ribu orang. Kemudian, adanya penerapan new normal berkisar 1.500 orang. Pengelola pantai pun menerapkan protokol Kesehatan kepada pengunjung pantai Panrita Lopi.

Melihat kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pariwisata kini turut membantu pengelola wisata dengan membuat taman rekreasi yang disiapkan dengan konsep dan promosi. Begitu juga akses jalan ke objek wisata diperhatikan.

“Kami memberi bantuan dalam bentuk hibah ke Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah terbentuk setahun dan telah menunjukkan kinerjanya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kukar Tauhid Afrilian Nur.

Dari organisasi bergerak di bidang wisata juga dilibatkan dalam pengembangan objek wisata. Organisasi itu Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), dan kelompok masyarakat lainnya yang peduli terhadap pengembangan sektor pariwisata.

LIHAT JUGA  Triwulan IV Tahun 2020, Ekonomi Kaltim Alami Perbaikan