Home KOLOM ANAK LABANAN MAKARTI JADI KALIGRAFER ANDAL

ANAK LABANAN MAKARTI JADI KALIGRAFER ANDAL

0
46
ANAK LABANAN MAKARTI JADI KALIGRAFER ANDAL
Salah satu karya kaligrafi dari Zainal Arifin. (foto: istimewa)

NAMANYA Zainal Arifin. Ia lebih suka dipanggil Arifin. Perawakannya kecil. Tinggi badan kurang 160 Cm. Gelar akademik Sarjana Hukum. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Sepintas tidak ada yang istimewa. Tetapi siapa sangka, anak dari pasangan transmigran dari Lombok yang lahir di Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, 25 tahun yg lalu ini, memiliki prestasi membanggakan.

Tahun 2017, dia pernah menjadi juara pertama Tingkat Nasional Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQNM) Cabang Kaligrafi Dekorasi di Malang.

Tahun 2020 yang lalu, ketika MTQ Nasional di Padang, Sumbar, dia mengikuti lomba cabang yang sama meskipun nasib baik belum berpihak padanya.

Dia menceritakan, keberaniannya mengikuti MTQ Cabang Kaligrafi tingkat Kabupaten Berau. Bermula ketika masih duduk di Madrasah Tsanawiyah “Nurul Muhajirin” di kampungnya, yaitu Kampung Labanan Makarti, masih kelas 1 dan baru berusia 13 tahun. Namun, dia belum berhasil menjadi juara.

Arifin punya keinginan yang luar biasa. Dia ingin mendalami ilmu kaligrafi. Anak petani sawit pasangan Rifa’ah dan Nikmah ini akhirnya menginjakkan kaki ke Sukabumi, Jawa Barat, Tahun 2011. Ia bergabung di Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA), selama 1 tahun dengan biaya mandiri orang tuanya.

Alhamdulillah, niat suci tersebut tercapai. Ia lulus dengan baik. Nampaknya kisah sukses tersebut terdengar oleh Pemkab Berau. Setelah lulus dia dapat beasiswa dari Pemkab Berau dan langsung diantar ke Sukabumi. Maka Arifin bertekad untuk memperpanjang belajar di LEMKA. Memanfaatkan beasiswa dari Pemkab.

Arifin, seorang anak kampung dibesarkan dan sekolah di Kampung Labanan Makarti nun jauh di sana. Mulai SD, MTs, dan MA. Itupun MTs dan MA-nya swasta, tetapi mampu mewujudkan mimpi indahnya.

LIHAT JUGA  “Harapan bagi Direksi dan Dewas Baru BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan"

Dia ikut tes UMPTN, diterima di Fakultas Hukum Unlam. Berbagai prestasi sudah disandangnya. Juara 1 lomba kaligrafi tingkat Provinsi Kalsel dan ikut MTQ Nasional di Padang Tahun 2020. Juara pertama MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional Cabang Kaligrafi dan Dekorasi.

Sekarang Arifin masih tinggal di Asrama Kaltim “Ruhui Rahayu”, Banjarmasin. Contoh karyanya pernah diberikan ke Sekda Kaltim saat pembinaan ke AMKT pada 12 Mare

Penulis : HM Jauhar Effendi